Friday, July 14, 2017

Melatih Kemandirian Anak #1

Tema game Bunsay yang kedua ini sangat menarik untuk saya. Sehari sebelum di launching oleh para fasilitator, saya baru saja dimarahi oleh ibu saya karena membiarkan anak saya yang berusia 7 tahun untuk mandi sendiri hihihi. Dan ketika saya baca materi yang diberikan, ternyata isinya tentang kemandirian anak. Wah, pas sekali nih, dalam hati saya. Langsung saya kirimkan materi tersebut ke ibu saya agar beliau membacanya hehe.




Terus terang saya belum membahas lebih detail tentang kemandirian apa yang saya dan suami inginkan dari Kiran. Rencananya wiken ini baru akan saya list down kemandirian apa saja yang kami harapkan muncul dari anak kami itu. Tetapi sejak anak kami berusia 4 tahun, kami sudah memperkenakan dengan tanggung jawab. Kami menyebutnya Simple Steps. Seiring berjalannya usia, Simple Steps Kiran pun bertambah. Yang Kiran harus lakukan adalah:
1. Bangun tidur pagi
2. Membereskan kasur
3. Menyiram tanaman
4. Menyapu lantai depan
5. Mandi sendiri
6. Menyiapkan sarapan sendiri
7. Mencuci piring sendiri
8. Menyiapkan keperluannya di tas setiap akan pergi (baju ganti, topi, botol minum).

Meskipun sudah dilakukan setiap hari, tetapi ada kalanya Kiran menawar dan kami masih harus selalu mengingatkan.
Untuk kemandirian yang kami sedang berusaha untuk kiran tingkatkan beberapa hari ini adalah menyapu lantai sembari menaruh sepatu dan sendal yang ada di lantai ke rak sepatu di depan rumah. Kami membuat Kiran sebagai "Porch Manager".
Tetapi memang kami masih harus memberikan semangat dan terus menjelaskan agar Kiran lebih sukarela melakukannya karena itu merupakan tanggung jawab yang harus dikerjakan agar Kiran kelak bisa mandiri.

#level2
#bunsayIIP
#melatihkemandirian
#tantangan10hari

No comments:

Post a Comment