Tuesday, July 25, 2017

Melatih Kemandirian Anak #8

Kamis ini adalalah hari Special yang di tunggu-tunggu oleh Kiran. Mengapa? Karena hari ini kami akan menonton film Despicable Me 3. Specialnya di mana? Karena untuk film ini sudah ditunggu-tunggu Kiran sejak 2 bulan yang lalu. Berhubung saya habis khatam membaca buku Financial Wisdom for Kids, saya dan Ian mau mencoba mengajarkan kepada Kiran tentang kemandirian keuangan, yaitu menabung. Kiran sendiri sudah tahu arti kata menabung, tetapi belum pernah mempraktekkannya langsung. Saya dan Ian tidak mau membelikan tiket bioskop itu secara cuma-cuma. Karena Kiran suka sekali film Despicable Me, jadiah tiket film ini kami jadikan tujuan pendek menabung selama 2 bulan. 

Karena Kiran belum mempunyai uang jajan, maka saya dan Ian yang menabung, menurut Prof.Chandra, penulis buku Financial Wisdom for Kids, ketika anak masih kecil, tidak apa-apa anak tidak ikut andil dalam menabung, yang penting anak melihat orang tuanya mengumpulkan uang demi suatu tujuan, bukan main gesek CC atau tarik uang di ATM. Kami pun memberikan uang untuk ditabung kepada Kiran, lalu ia yang akan memasukan ke dalam celengan. Setelah hampir 2 bulan, kami membuka celengan dan menghitung bersama-sama uang yang terkumpul. Jumlah totalnya 170 ribu rupiah.

Lalu sore harinya, Kiran yang mengantri tiketnya sendiri dan membeli popcornnya sendiri. Wah, senangnya bukan main anak itu. Konsep menabung ini akan kami terus terapkan kepada Kiran dengan harapan semoga ketika dewasa nanti, menabung akan menjadi kebiasaan baiknya. 





#level2
#bunsayiip
#melatihkemandirian
#tantangan10hari

No comments:

Post a Comment