Saturday, July 15, 2017

Melatih Kemandirian Anak #2

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata mandiri adalah

man·di·ri a dalam keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain: sejak kecil ia sudah biasa -- sehingga bebas dari ketergantungan pada orang lain;

ke·man·di·ri·an n hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain.

Mengacu pada definisi tersebut kemandirian memang harus sedini mungkin diajarkan kepada anak agar kelak ian dewasa ia akan bisa berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada orang tuanya baik dan bisa mengambil keputusan sendiri.

Selain dari list simple steps atau list tanggung jawab yang kami coba terapkan kepada Kiran semenjak usia 4 tahun, kami juga selalu melibatkan Kiran dalam mengambil keputusan. Mengapa kami libatkan? Karena kami mau agar Kiran ketika besar nanti terbiasa untuk mempunyai pendapatnya sendiri dan tidak ikut-ikutan orang lain. Semenjak usia 2 tahun, Kiran sudah kami biasakan memilih pakaiannya sendiri. Sehingga sampai sekarang saya sudah tidak mengurus lagi pakaian yang akan dia pakai (walau saya sering geleng2 kepala melihat kombinasi warna baju yang ia pakai). Hal apapun yang memerlukan keputusan, kami selalu melibatkan Kiran.

Semoga yang kami lakukan sekarang ini bisa bermanfaat dalam melatih Kiran untuk menjadi seorang pemelajar mandiri.

#level2
#iipbunsay
#tantangan10hari

No comments:

Post a Comment